6 Jenis Dimsum Terenak dan Paling Populer di Indonesia

Menurut penjelasan yang tertulis di laman Wikipedia, Dimsum adalah makanan kecil yang namanya diambil dari bahasan Kantonis. Umumnya Dimsum disajikan dalam steamer yang terbuat dari bambu, atau piring kecil, yang biasanya yang digoreng atau dikukus. Makanan khas masyarakat Tionghoa ini terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh.

Pada dasarnya ada banyak jenis Dimsum yang tersebar ke seluruh dunia, namun pada kesempatan kali ini tim Dailywuz akan mengulas 6 jenis Dimsum terenak dan paling populer di Indonesia. Penasaran? Check this out!

Har Gow atau Shrimp Dumpling

Source: www.chinadictionary.net

Source: www.chinadictionary.net

Har Gow atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Shrimp Dumpling ini adalah salah satu jenis dimsum yang berupa cacahan dari udang yang kemudian diisikan pada kulit tepung yang sangat tipis. Biasanya tepung yang digunakan agak transparan dan memiliki rasa yang lembut serta tekstur yang kenyal.

Mantou

Source: www.chinasichuanfood.com

Source: www.chinasichuanfood.com

Mantou adalah jenis Dimsum berbentuk roti yang disajikan tanpa menggunakan isian apapun. Roti ini bertekstur kenyal dan juga lembut, sehingga seakan akan meleleh dan menari di atas lidah penikmatnya.

Phoenix Claws atau Kaki Ayam

Source: www.flickr.com

Source: www.flickr.com

Namanya terdengar mahal, ya? Padahal hidangan yang satu ini menyajikan kaki ayam (ceker ayam) yang telah dibumbui, direbus, digulingkan di saus kental, kemudian baru dikukus. Teksturnya ringan dan berbumbu, sangat empuk dan mengeluarkan rasa lezat dan gurih di setiap gigitan.

Tofu Skin Roll

Source: www.tastehongkong.com

Source: www.tastehongkong.com

Jenis Dimsum terenak selanjutnya adalah Tofu Skin Roll. Makanan yang satu ini berupa kulit tahu yang diisi dengan sayuran dan daging udang. Biasanya hidangan ini disajikan bersama dengan saus cabai dan mayonaise, sesuai selera.

Spring Roll

Source: www.ijustwanttoeat.com

Source: www.ijustwanttoeat.com

Spring Roll adalah jenis Dimsum terenak dan populer di Indonesia. Biasanya makanan yang satu ini berupa racikan sayuran seperti wortel, kol, jamur, yang dicacah tipis dan dicampur daging kemudian dibungkus dalam kulit tepung yang tipis dan digoreng.

Shaomai

Source: www.tripadvisor.com

Source: www.tripadvisor.com

Nah, jenis Dimsum yang satu ini merupakan yang paling populer di Indonesia. Orang-orang biasanya menyebut hidangan ini dengan nama “siomay”. Apabila dibuat berdasarkan resep aslinya, Shaomai sebenarnya menggunakan udang yang kemudian dibungkus dengan kulit tepung yang agak tebal dan lebih tebal daripada kulit yang digunakan pada Har Gow. Lalu, sajian ini akan dibentuk seperti bunga dan diatasnya akan diberikan taburan telur kepiting berwarna orange.

Comments

comments

David Ritsma
david@picodio.com