5 Oleh-oleh Khas Surabaya Paling Diburu Wisatawan

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Tak heran jika banyak wisatawan domestik hingga wisatawan asing datang berkunjung ke kota Pahlawan ini. Selain memiliki ragam kuliner yang kaya akan cita rasa yang khas, kamu pun tak boleh lupa membeli oleh-oleh khas Surabaya untuk buah tangan.

Apa aja yang bisa dibeli di Suroboyo, rek?

Sambal Bu Rudy

 

sambal bu rudy

Mayoritas orang Indonesia gemar mengkonsumsi masakan pedas, tak terkecuali warga Surabaya. Memang terdengar unik jika sambal dijadikan sebagai buah tangan untuk kerabat maupun keluarga di rumah. Namun, kalian perlu mencoba sambal yang satu ini.

Sambal Bu Rudy adalah salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang paling diburu oleh wisatawan. Ada banyak jenis olahan sambal Bu Rudy yang bisa kamu pilih, seperti sambal udang, sambal bajak, dan sambal bawang. Varian sambal tersebut dikemas dalam wadah wadah kaca dengan beragam ukuran dan harga yang berbeda.

Tertarik untuk mencobanya? Silahkan berkunjung ke rumah makan Bu Rudy yang terletak di Jalan Dharmahusada Nomor 140, Surabaya.

 

Spikoe

 

spikoe surabaya

Spikoe merupakan salah satu jenis makanan ringan yang bertekstur lembut, terdiri atas tiga lapis, yaitu kuning – cokelat – kuning dan memiliki rasa yang manis. Oleh-oleh khas Surabaya ini menggunakan resep kuno dan turun temurun sehingga memiliki rasa yang khas dan kualitas yang tidak mudah ditemukan pada brand penjual spiku umumnya. Spikoe sangat cocok dijadikan oleh-oleh sebab mudah dibawa dan tidak mudah rusak selama perjalanan.

Di Surabaya, Spikoe dijual oleh beberapa gerai reseller. Namun jika kalian ingin membeli Spikoe di pusatnya, datanglah ke Jalan Rungkut Madya Nomor 41, Surabaya.

 

Kue Mente

 

kue mente

Selain spikoe, ada pula kue mente, makanan ringan yang juga merupakan oleh-oleh khas Surabaya. Kue mente terbuat dari tepung, telur, mentega, garam, minyak nabati, gula dan mente. Oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini memiliki tekstur lebih halus jika dibandingkan dengan makanan ringan sejenis lainnya. Biasanya, kue mente dikemas dalam kotak cantik berlogo ikan hiu sura dan buaya yang menjadi ikon kota Surabaya.

Kue mente nan lezat ini bisa kamu dapatkan di pusat oleh-oleh khas Surabaya yang tersebar di beberapa wilayah, salah satunya ada di Jalan Genteng Besar Nomor 83A, Surabaya.

 

Almond Crispy

 

almond crispy

Nah, almond crispy merupakan oleh-oleh khas Surabaya yang baru-baru ini populer di kalangan masyarakat. Terdapat tiga pilihan rasa, yaitu cokelat, green tea, dan original cheese. Bentuknya yang tipis dan teksturnya yang renyah membuat camilan mudah digemari. Sama seperti Kue Mente, kamu dapat membeli almond crispy di pusat oleh-oleh Wisata Rasa yang ada di beberapa lokasi di Surabaya.

 

Kaus Cak-Cuk

 

ejtcom_cakcuk-4

Jika kamu menginginkan oleh-oleh khas Surabaya lainnya, kamu dapat membeli salah satu brand lokal hasil produksi arek Suroboyo yaitu Cak Cuk. Brand yang berdiri di tahun 2005 lalu, kaus cak-cuk menyediakan beragam desain kreatif yang berisi berbagai celotehan khas arek Suroboyo yang menarik perhatian para pembeli.

Brand Cak Cuk menghasilkan berbagai merchandise seperti kaus, tas, gelas, gantungan kunci, dan pin yang memiliki ciri khas Suroboyoan.

 

Apakah kalian tertarik membeli salah satunya sebagai oleh-olehmu sepulang dari Surabaya?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.