5 Negara dengan Festival Unik yang Perlu Kamu Kunjungi

Menghadiri festival mungkin menjadi hal yang membosankan bagi beberapa orang. Tetapi apakah festival aneh dan unik khas negara akan menjadi hal yang membosankan pula? Untuk menambah kesenangan saat berlibur di negara baru yang belum pernah di kunjungi sebelumnya, mungkin kita bisa menetapkan tanggal sesuai dengan festival negara tersebut. Berikut beberapa festival unik yang berhasil kami kumpulkan.

1. Festival “pura-pura mati”, Spanyol

La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme
Jika akan berlibur ke negara Spanyol di bulan Juli sebaiknya tetapkan tanggal pada sekitar 29 Juli. Pada tanggal cantik ini, kita akan bisa melihat keramian kota Les Nives dipadati oleh banyaknya pengunjung dari pukul 10 pagi. La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme, sebutan untuk festival “pura-pura mati” Spanyol. Perayaan tahunan yang di adakan di Las Nieves, sebuah kota kecil pada bagian barat laut Spanyol.

Munculnya hal ini dikarenakan selama berabad-abad lamanya gereja katolik tidak dapat menyatukan sepenuhnya ajaran mereka di Las Nieves. Mengakibatkan banyaknya penduduk yang masih percaya akan adanya penyihir dan roh jahat dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu lahirlah festival ini sebagai salah satu cara untuk beradaptasi dengan budaya lokal mereka. Kita akan bisa melihat beberapa orang ditidurkan di dalam peti mati dan akan beputar keliling kota.

2. Oktoberfest, Jerman

Oktoberfest
Saat Putra Mahkota Ludwig menjadi Raja Ludwig I dan menikahi Putri Therese 12 oktober 1810, mereka mengundang seluruh warga Munich untuk menghadiri perayaan pernikahan yang di adakan di depan gerbang kota. Festival ini dijuluki die Wies’ yang mengartikan sebuah ruang terbuka untuk perayaan Oktoberfest. Bisa dibayangkan perayaan ini sangat meriah bertabur banyaknya makanan yang siap dihidangkan untuk para tamu. Tapi tidak perlu kuatir, karena kita masih bisa menikmati suasana ini di setiap tanggal 21 September hingga 16 hari setelahnya. Disini kita bisa menikmati berbagai makanan tradisional khas Bayern seperti Hendl (ayam), Schweinebraten (babi panggang), Schweinshaxe (ham panggang), Steckerlfisch (ikan panggang), Wuerstl (sosis) bersama dengan Brezeln(pretzel), Knoedel (mi keju), Käsespätzle ( mie keju ), Reiberdatschi (panekuk kentang), Sauerkraut atau Rotkohl / Blaukraut (kubis merah), Obatzda (keju yang dibumbui) dan Weisswurst (sosis putih). Mengenai kostum, dalam mengahdiri acara perayaan ini biasanya setiap pria menggunakan Sannerhut (topi) dan Ledehosen (celana kulit). Sedangkan wanita menggunakan pakaian tradisional Jerman yang disebut Dirndl

3. Twins Day, Amerika Serikat

Twins Day
Pernahkah kita membayangkan berada di ribuan pasang orang kembar? Pada bulan Agustus, kita bisa secara langsung melihat festival pertemuan orang kembar tebesar di dunia hanya di pinggiran Cleverland Twinsburg, Ohio, Amerika Serikat. Di event ini, mata kita akan bisa menyaksikan secara langsung pertemuan 3.000 pasangan orang kembar. Perkumpulan ribuan Fraternal, kembar identik, kembar tiga dan kelipatan lain menjadi sebuah acara yang fenomenal di Amerika Serikat. Banyaknya makanan, hiburan, turnamen golf, parade orang kembar, pertunjukan bakat kontes turut memeriahkan festival ini.

Hal yang menambah keunikan festival ini, nama kota Twinsburg pun muncul akibat Moses dan Aaron Wilcox, kembar indentik, yang akan mengibahkan tanah seluas 6 hektar apabila kota Milsville diubah menjadi kota Twinsburg.

4. Festival Bunga Chiangmai, Thailand

Chiangmai Flower Festival
Bulan febuari merupakan bulan penuh cinta, namun tidak untuk Thailand. Dikenal sebagai kota mawar dimana pada bulan febuari menjadi saat ketika bunga ini mekar. Oleh karena itu pada bulan Febuari kita akan bisa melihat festival bunga chiangmai. Sebuah pehelataan yang diramaikan dengan banyaknya bunga-bunga menawan terutama chrysanthemum kuning putih dan mawar damask, spesies bunga yang hanya di temukan di kota chiangmai. Ratusan mobil dihias dengan aneka ragam bunga dan kemudian akan berhenti sesekali untuk memberi kesempatan para wisatawan untuk berfoto bersama. Tidak hanya sekedar bunga, di atas mobil akan ada gadis-gadis cantik Thailand dengan keindahan bunga yang menjelma menjadi gajah sebagai lambang cinta.

5. Festival Gajah, India

Elephant Festival India
Selama ini kita selalu melihat gajah seperti pada umumnya, berwarna hanya abu-abu seperti yang ada pada tempat wisata. Di India, kita bisa melihat gajah-gajah ini berubah menjadi gajah cantik pada setiap bulan maret. Festival ini merupakan sebuah acara wujud terima kasih penduduk kota Jaipur, India terhadap para gajah. Tidak hanya gajah, masyarakat juga akan mendandani hewan lain seperti kuda dan unta. Semuanya akan dikenakan warna-warna cerah, jhools (kain pelaan) dan perhiasa-perhiasan lainnya yang menghiasi tubuh mereka. Tak jarang, para gajah betina juga dipasangkan gelang kaki agar berbunyi ketika mereka menghentakkan kaki. Selain menghiasi gajah, akan ada beberapa acara seru lainnya yang bisa kita nikmati. Seperti balap gajah, polo gajah dan kegiataan yang kita hanya bisa kita lakukan di India yaitu tarik tambang dengan gajah!

Comments

comments

Ordnella
giovaniat@hotmail.com