5 Jajanan Jepang yang Cocok dengan Lidah Lokal, Ayo Cicipi!

Kuliner asal negara Jepang dan Korea Selatan masih terus digandrungi di Indonesia. Harganya yang relatif murah dan tawaran rasa yang berbeda dengan kuliner khas negeri sendiri menjadi ketertarikan tersendiri bagi banyak orang. Memang banyak kuliner luar yang tidak sesuai dengan lidah lokal. Namun, tak sedikit pula jumlah jajanan yang berasal dari luar negeri yang digandrungi. Kali ini Daily Wuz akan fokus kepada jajanan dari negeri sakura. Berikut jajanan Jepang yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Pantas kamu cicip!

Okonomiyaki

Jajanan Jepang satu ini dikenal dengan sebutan Pizza Jepang. Mungkin karena memang bentuknya yang bundar dan besar, berdiameter kurang lebih sama dengan pizza. Namun, karena adonan dan teksturnya yang sangat berbeda dengan pizza, beberapa orang juga menyebut okonomiyaki sebagai martabak Jepang. Teskturnya yang tak sekeras pizza memang lebih mirip dengan martabak yang cenderung lembek. Meskipun begitu, rasa okonomiyaki dan martabak sangatlah berbeda.

Okonomiyaki

Okonomiyaki. Sumber: whats4eats.com

Bahan utamanya tepung yang kemudian dicampur dengan berbagai isian sesuka hati seperti kol, daun bawang, udang, atau gurita. Selesai dimasak, okonomiyaki kemudian disajikan dengan mayonais, saus spesial khas Jepang, dan ditaburi dengan katsuoboshi (irisan olahan ikan cakalang).

Restoran Self-Serve Okonomiyaki di Jepang

Restoran Self-Serve Okonomiyaki di Jepang. Sumber: hubjapan.io

Di Jepang sendiri, restoran okonomiyaki biasanya membiarkan pembelinya untuk membuat okonomiyaki sendiri alias self-serve. Kamu bisa memasak sendiri sehingga bebas memilih racikan yang kamu mau. Tiap meja dilengkapi dengan panggangan, cocok untuk dimakan ramai-ramai. Sayangnya, di Indonesia okonomiyaki biasanya hanya dijual melalui stand atau booth mall. Sehingga kita pun tak bisa turut menikmati asiknya membuat okonomiyaki sendiri.

Takoyaki

Bisa dibilang jajanan Jepang satu ini merupakan Jajanan asal negeri sakura yang paling dikenal di Indonesia. Berbentuk bola-bola kecil, satu porsi takoyaki biasanya berisi 4 hingga 6 bola takoyaki. Di asalnya kota Osaka, takoyaki berisikan daging gurita, seperti namanya tako yang mempunyai artian gurita. Namun, ketika masuk ke Indonesia, isian takoyaki pun beragam. Mulai dari sosis hingga keju. Modifikasi lain adalah taburan bubuk cabe, karena masyarakat Indonesia gemar sekali makan makanan pedas. Sama seperti okonomiyaki, takoyaki setelah matang kemudian disajikan dengan saus khas Jepang, mayonais, dan katsuoboshi.

Takoyaki

Takoyaki. Sumber: washokulovers.com

Yakitori

Dimasak dan dihidangkan dengan tusuk bambu, yakitori juga disebut-sebut sebagai sate Jepang. Daging yang digunakan juga sama seperti sate di Indonesia, yakni daging ayam. Memang beberapa daerah di Jepang juga menggunakan varian daging lain seperti daging babi. Namun, yakitori pada umumnya menggunakan daging ayam. Satu tusuk berisikan daging dan berbagai jeroan seperti usus, hati, rempela, dan jantung. Tak jarang pula ditambah dengan daun bawang dan jamur shiitake. Yakitori bisa dimakan tanpa saus atau dengan saus.

Yakitori

Yakitori. Sumber: limakaki.com

Taiyaki

Taiyaki merupakan pancake Jepang, karena adonan yang digunakan sama dengan adonan untuk membuat pancake pada umumnya. Namun, yang membedakan taiyaki dari pancake adalah bentuk ikannya yang khas. Selain itu, tak seperti pancake, taiyaki berisikan berbagai filling manis seperti keju, pasta kacang merah, cokelat, dan custard. Seiring dengan perkembangan kuliner, taiyaki juga sering dipadukan dengan es krim.

Taiyaki

Taiyaki. Sumber: aliexpress.com

Kakigori

Setelah berbagai macam jajanan yang mengenyangkan, kini giliran jajanan yang dapat melepas dahaga. Kakigori adalah es serut dengan sirup dan susu kental manis. Terdapat juga varian yang menambahkan berbagai macam jenis buah sebagai toppingnya seperti mangga dan stroberi. Kakigori merupakan jajanan kali lima yang sangat populer pada musim panas di Jepang. Korea Selatan memiliki versi es serutnya sendiri, yaitu Bingsoo.

Kakigori

Kakigori. Sumber: deartravelers.com

Adakah yang menggugah seleramu? Semua jajanan Jepang tersebut sangat mudah untuk ditemukan dalam mall. Jika kamu sebelumnya ragu untuk mencicipinya, setelah mengetahui nama, wujud, dan gambaran rasa, tunggu apa lagi!

Leave a Reply