5 Destinasi Wisata Favorit Surabaya yang Dapat Kamu Jelajahi dalam Sehari

Long weekend sudah menanti. Apa rencanamu untuk mengisi hari libur? Bagaimana jika keliling kota pahlawan, mengunjungi berbagai destinasi wisata favorit Surabaya yang selalu menarik bagi wisatawan lokal maupun internasional. Tak membutuhkan banyak waktu dan uang, daftar destinasi berikut dapat dijelajahi dalam satu hari saja. Dilansir oleh Kompas, berikut destinasi wisata favorit Surabaya untuk kamu kunjungi saat long weekend besok.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya. Sumber: ksmtour.com

Seperti saudaranya di Pandaan, masjid Cheng Ho Surabaya meruakan masjid dengan nuansa Tionghoa. Warna merah menyala serta arsitekturnya yang khas, membuat tempat ibadah satu ini dikunjungi oleh banyak orang. Masjid Cheng Ho Surabaya berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya. Lokasinya sendiri berada dalam jarak 1000 meter utara Gedung Balaikota. Tak hanya digunakan sebagai tempat berhenti untuk beribadah saja, terdapat pula kios suvenir khas Cheng Ho hingga pengobatan tradisional akupuntur.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam. Sumber: youtube.com

Nama tempat ini juga dikenal dengan akronimnya, Monkasel. Berlokasi di  Jalan Pemuda No. 39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Monumen ini dapat dijadikan destinasi wisata yang cukup edukatif. Kamu bisa mengenal hal-hal yang berkaitan dengan dunia maritim, seperti mengenal interior kapal selam. Mulai dari ruang depan kapal, ruang navigasi, ruang mesin, hingga tempat melontar rudal bisa kamu amati dengan memasuki kapal yang dulunya terlibat dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda.

Tugu Pahlawan dan Monumen 10 November

Monumen 10 November

Monumen 10 November. Sumber: yulyapspt.blogspot.com

Menjadi saksi dari semangat juang saat Indonesia masih dijajah, tak heran jika kedua tempat ini menjadi destinasi wisata favorit Surabaya. Berlokasi tepat di tengah kota Surabaya, kamu bisa sekaligus menikmati saksi bisu sejarah Indonesia. Dekat dengan kota tua, kamu bisa jalan-jalan menikmati bangunan bersejarah. Terdapat Gereja Santa Maria, kantor gubernur, halte trem lama, gedung tua mandiri, hingga Jembatan Merah.

Museum House of Sampoerna

House of Sampoerna

House of Sampoerna. Sumber: dolandolen.com

Tidak puas hanya dengan melihat-lihat jejak bangunan bersejarah? Kamu bisa mengunjungi museum yang berlokasi di Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya ini.  Meskipun sudah beroperasi sejak tahun 1938, bangunan museum masih terawat. Kamu bisa mengetahui sejarah perusahaan rokok yang sudah ada sejak lama di Indonesia. Temuan racikan tembakau dari zaman kolonial hingga sekarang bisa kamu pelajari hingga puas. Tak hanya pengetahuan saja, kamu bisa juga berbelanja souvenir yang diproduksi oleh UMKM.

Kawasan Ampel Surabaya

Kawasan Ampel Surabaya

Kawasan Ampel Surabaya. Sumber: wisatareligi.com

Destinasi terakhir ini sangat dikenal sebagai destinasi wisata religi utama di Surabaya. Kawasan ini merupakan kawasan yang akulturasi antar 2 budaya sangat kental, budaya Jawa dan Timur Tengah. Akulturasi kedua budaya tersebut membuat kawasan Ampel dikenal unik dan eksotis. Tak hanya wisata religi saja, kamu juga bisa menikmati banyaknya pilihan makanan untuk wisata kuliner. Menu makanan khas Timur Tengah bisa ditemukan di kawasan ini, mulai dari nasi kebuli hingga sambosa.

Leave a Reply