5 Alasan Penyebab Sate Padang Begitu Populer Bagi Pecinta Kuliner Indonesia

Tak hanya rendang, ternyata Padang juga punya menu andalan yaitu sate padang. Para pecinta kuliner Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu itu. Nah, biar tidak makin penasaran kenapa sate padang jadi populer, ini nih rahasianya!

Kaya Akan Bumbu Rempah

sate padang 4

Jika kebanyakan sate di tanah Jawa menggunakan bumbu kacang, maka sate Padang ini justru memiliki kuah kental yang dibuat dari rebusan tepung beras, ditambah dengan beragam rempah-rempah seperti cabai merah, serai, jinten, ketumbar, jahe, lengkuas, kunyit, lada, dan lain-lain. Terkadang, penjual juga menambahkan kacang tanah ke dalam kuah sate ini, tapi tak semata-mata membuatnya menjadi bumbu kacang.

Menggunakan Daging Sapi

Source: www.kusuka.us

Source: www.kusuka.us

Bahan utama daging yang digunakan bukanlah ayam atau kambing, melainkan daging sapi. Tak jarang, kamu juga bisa menemukan beberapa pilihan jeroan seperti lidah, usus, paru, atau jantung sapi. Untuk lebih nikmat disantap, biasanya sate Padang yang bercita rasa pedas ini ditaburi dengan bawang goreng serta kerupuk kulit khas Padang.

Tambah Lontong Ketupat

sate padang 2

Sate padang selalu disajikan dengan lontong ketupat yang dipotong-potong persegi. Ketupat sendiri dibuat dari beras kemudian dibungkus dengan menggunakan janur. Tenang aja, satu porsi sate padang dijamin bisa bikin perut kenyang.

Disajikan dengan Alas Daun Pisang

Source: www.foody.id

Source: www.foody.id

Dalam penyajiannya sate padang selalu diberi alas daun pisang. Lembar daun pisang yang digunakan ini terlebih dulu disangai (dihangatkan) di atas perapian untuk membunuh kumah-kuman. Aroma khas daun pisang dan wangi daging sapi yang dibakar juga kuah kental kuningnya tentu benar-benar menggugah selera.

Memiliki 3 Ragam Jenis

sate padang 3

Ada 3 jenis sate padang yang dijajakan. Masing-masing jenisnya mempunyai ciri khas tersendiri. Pertama, sate Padang Panjang terkenal dengan kuah kentalnya yang berwarna kuning. Hal ini disebabkan oleh bumbu dapur bernama kunyit yang mendominasi pengolahan kuah sate khas Padang Panjang. Sate jenis ini biasanya mengeluarkan aroma yang lebih kuat dan rempah-rempahnya jauh lebih terasa.

Kedua, ada juga jenis sate Padang khas Pariaman yang justru memiliki kuah berwarna merah. Hal ini diperoleh dari campuran cabai merah yang lebih banyak, sehingga rasa dari sate khas Pariaman ini cenderung lebih pedas. Sementara, untuk sate Padang Kota, kuahnya lebih terlihat kecokelatan. Pasalnya, masakan ini merupakan peralihan atau perpaduan dari sate khas Padang Panjang dan sate khas Pariaman.

 

Cita rasa pedas nan lezat yang menggoyang lidah, telah terbukti ampuh menjadikan sate padang sebagai kuliner ikonik khas Indonesia sepanjang masa. Bangga jadi orang Indonesia!

Comments

comments

Ihyak Yayak
yayak.picodio@gmail.com