9 Tips LDR untuk Menjaga Hubunganmu Tetap Awet Meski Jarak Merintangi

Long distance relationship memang tidak mudah. Banyak pasangan yang berpisah karena rintangan jarak yang tak tertahankan. Bahkan juga banyak yang ditinggal menikah dengan orang lain karena LDR. Tak ada yang bilang jika LDR itu mudah. Rintangannya tak sekedar kangen saja, banyak hal lain yang juga menjadi penyebab mengapa LDR dianggap mustahil bagi banyak pasangan. Seandainya pintu Doraemon itu nyata, ya. Sayangnya, pasangan LDR tak bisa ditolong dengan pintu ajaib, melainkan harus berusaha dengan keras jika ingin mempertahankan hubungannya. Jika kamu salah satu yang menjalani rintangan jarak dengan pasangan, mungkin tips LDR yang dilansir oleh Lifehack berikut bisa “mengatasinya”.

Hindari Kontak Berlebihan

Dalam hubungan pasangan, posesif memang sudah hal yang lumrah. Apalagi dalam hubungan LDR, jika tidak ‘ditahan’, sifat posesif bisa menjadi-jadi malah bisa memperburuk LDR. Pasangan yang dewasa dan percaya terhadap satu sama lain tak perlu berkomunikasi terus-menurus seharian dengan alasan agar hubungan terus langgeng. Banyak pasangan yang mengira bahwa jauhnya jarak harus dikompensasi dengan komunikasi terus-menerus. Padahal, hal tersebut dapat membuat hubungan jadi cepat bermasalah. Ketika sibuk dengan aktivitas sendiri-sendiri, terkadang komunikasi yang berlebihan malah menjadi sesuatu yang annoying. Kamu pun jadi capek dan marah-marah. Bicarakan dengan pasangan kapan saja kamu dan si dia dapat berkomunikasi tanpa harus menganggu akivitas.

Anggap LDR sebagai ‘Ujian’

Anggap jarak yang memisahkan sebagai ujian kamu dengan pasanganmu. LDR bisa menjadi tes untuk menguji cinta dalam hubungan. Daripada menganggap LDR sebagai hal yang dapat merusak hubungan, anggaplah sebagai rintangan yang membuat hubungan kalian semakin kuat. Jika kamu ingin hidup bersama, kamu harus belajar bagaimana rasanya hidup terpisah.

Anggap LDR sebagai Ujian Cinta Kamu dan Dia

Anggap LDR sebagai Ujian Cinta Kamu dan Dia

Atur Harapan Satu Sama Lain

Manage your expectation. Harapan kamu dan si dia dalam hubungan hrus jelas ketika menjalani LDR. Dengan begitu, ketika pasanganmu tidak melakukan sesuatu karena suatu dan lain hal, hal tersebut tidak akan berdampak pada hubungan. Ingat, communication is the key. Lakukan “perjanjian” agar kalian saling mengerti satu sama lain. Karena kekecewan dari hal sekecil apapun dapat menjadi api besar yang membahayakan status hubungan.

Komunikasi Rutin dengan Kreatif

Awali hari dengan ucapan seperti selamat pagi dan selamat malam malam sebelum tidur. Usahakan untuk terus saling berbagi apa saja yang terjadi dalam hari-harimu meskipun hal-hal tersebut sepertinya terlihat sangat sepele. Tak sebatas teks saja, kamu juga bisa mengirimkan update hari-harimu dengan jepretan gambar, rekaman suara, hingga video pendek. Hal sekecil ini menjadi sangat penting, karena dapat membuat pasanganmu merasa lebih diperhatikan dan dicintai.

Kirim Update Keseharianmu ke Dia

Kirim Update Keseharianmu ke Dia. Sumber: youtube.com

Lakukan Banyak Hal Bersama

Karena teknologi belum bisa menjadikan pintu Doraemon menjadi nyata, bersama dalam hal ini tidak mempunyai artian ada dalam satu lokasi. Main game online bersama, nonton film atau sekedar streaming YouTube. Online-shopping dan saling memilih hadiah yang nantinya akan dikirim. Banyak hal-hal kreatif lain yang bisa kamu lakukan bersama secara online untuk memperkuat hubungan kamu meski terpisahkan oleh jarak.

Tetapkan Goal

Tentunya tak ada pasangan yang kuat untuk menjalani LDR selamannya. Pada akhirnya, kamu dan si dia selain bersama dalam hati juga harus bersama secara fisik. Sampai kapan LDR? Bagaimana dengan masa depan kita? Pertanyaan seperti itu harus kamu temukan jawabannya dengan pasanganmu. Akan lebih mudah jika kamu menetapkan suatu goal. Mulai dari hal kecil seperti menabung agar bisa traveling bersama untuk mengobati rindu hingga mengakhiri LDR dan kembali hidup bersama secara permanen.

Traveling Bersama untuk Mengobati Rindu

Traveling Bersama untuk Mengobati Rindu

Nikmati Waktumu Bersama Teman dan Keluarga

Tips LDR satu ini kadang dilupakan oleh pasangan yang dimabuk cinta. Hidupmu tidak hanya ada pada pasanganmu seperti bulan yang berotasi mengelilingi bumi. Kamu tetaplah kamu, dengan teman dan keluarga. Nikmati me-time kamu dan juga waktu bersama teman dan keluarga. Banyak hal yang bisa kamu lakukan tanpa harus melibatkan pasangan.

Beri Hadiah

Hadiah tak harus melulu sesuatu yang mewah. Kamu bisa mengirimkan surat cinta yang ditulis tangan, foto polaroid, buket bunga pada hari-hari spesial.

Surat Cinta Bisa Jadi Hadiah Lebih Berkesan

Surat Cinta Bisa Jadi Hadiah Lebih Berkesan

Jujur dan Terbuka

Saling terbuka dan jujur terhadap perasaan masing-masing sepertinya tak perlu dimasukkan dalam tips LDR, karena hal ini merupakan hal yang harus diprioritaskan dalam LDR selain komunikasi. Just in case kamu lupa, Daily Wuz cantumkan lagi poin penting ini: komunikasikan perasaan kamu dengan jujur dan terbuka. Karena kebohongan yang terlihat seperti api kecil dalam abu rokok bisa saja membakar habis hubungan kamu.

Leave a Reply