Rekomendasi Buku Young Adult untuk Menemani Liburanmu

Liburan Natal dan tahun baru menanti, nih! Kamu udah punya rencana mau ngapain? Meski nggak ada rencana berangkat liburan karena bokek, kamu bisa stay happy di rumah, kok! Manfaatkan waktu luangmu untuk me time dan berkumpul bareng keluarga dan teman.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu liburanmu ini sebagai kesempatan untuk menengok buku-buku bagus tapi nggak sempat kamu habiskan baca karena sibuk sekolah, kuliah, atau kerja.

Daily Wuz paham betul kok. Buat yang bukan kutu buku, waktu luang lebih berharga dihabiskan untuk hal lain daripada hanya membaca buku. Meski cerita yang dijanjikan buku terlihat menarik, waktu luang kok ya mending dibuat santai bersama teman.

Rekomendasi Buku Young Adult untuk Menemani Liburanmu

Nah, mumpung liburan waktu luang sedang melimpah, pasti kamu punya beberapa menit sehari yang bisa kamu gunakan untuk baca buku.

Bingung mulai dari mana? Bingung mau pilih judul buku apa? Kebetulan banget! Daily Wuz punya rekomendasinya, nih! Buat kamu yang ingin bacaan dengan tema “lumayan enteng” dan karakter remaja, pilih genre young adult aja. Tengok aja langsung 2 judul buku young adult yang masuk sebagai finalis Goodreads Choice Awards 2018 berikut ini.

Leah on the Offbeat

Creekwood Series by Becky Albertalli

Creekwood Series by Becky Albertalli

Karya Becky Albertalli, buku ini merupakan buku kedua dari seri Creekwood. Buku pertamanya udah diadaptasi jadi film, loh! Buku pertamanya berjudul Simon and The Homo Sapiens Agenda, sedangkan film adaptasinya diberi judul Love, Simon. Filmnya sendiri diproduksi oleh studio 20th Century Fox, studio yang juga menggarap film sekelas X-Men, Maze Runner, dan Bohemian Rhapsody.

Pantas aja buku keduanya masih tetep nge-hype sampai-sampai bisa jadi pemenang Goodreads Choice Awards 2018. Leah off the Beat berhasil menduduki peringkat pertama buku young adult dalam ajang tersebut dengan 24.880 total suara!

Berkisah tentang Leah, sahabat perempuan Simon yang merupakan tokoh utama di buku pertama. Sama seperti buku Simon, Leah off the Beat masih mengambil tema ala remaja masa kini. Masalah yang notabene dihadapi oleh remaja seperti seksualitas, friendship, romansa, hingga masalah keluarga.

Katherine Longford dan Nick Robinson sebagai Leah dan Simon

Katherine Longford dan Nick Robinson sebagai Leah dan Simon

Buku ini recommended banget buat kamu yang suka tema keseharian remaja dengan sedikit penemuan seksualitas diri sebagai bumbunya. FYI aja nih, tokoh Leah di film Love, Simon diperankan oleh Katherine Longford. Aktor utama di serial Netflix 13 Reasons Why.

Kamu yang belum baca buku pertamanya bisa kok nonton filmnya aja. Tapi tentunya detail di film dan buku sedikit berbeda ya. So, book or movie? It’s up to you.

Baca Juga: Daftar Film 2018 Anti-Mainstream yang Harus Rampung Ditonton Sebelum Ganti Tahun

Sadie

Sadie by Courtney Summers

Sadie by Courtney Summers

Nggak punya banyak waktu buat buku sequel? Lebih suka buku young adult dengan genre thriller misteri dibanding kisah keseharian seperti Leah off the Bebat? Sadie mungkin bisa jadi pilihan buku yang tepat buatmu.

Karya Courtney Summers, Sadie menduduki posisi kedua tepat setelah Leah di Goodreads Choice Awards 2018 dengan total 21.528 suara. Sadie menceritakan kisah balas dendam Sadie atas kematian adiknya, Mattie.

Dalam buku ini, kamu akan dibawa melihat bagaimana perjalanan Sadie untuk menemukan tersangka yang bertanggung jawab atas Mattie. Gaya narasinya diceritakan melalui gaya podcast, mengingat seorang DJ radio bernama West yang menceritakan bagaimana perjalanan Sadie untuk balas dendam tersebut.

Sekedar mengingatkan, Sadie mengangkat tema yang dark. Sehingga kamu yang tidak kuat dengan tema seperti ini sangat tidak direkomendasikan untuk membaca. Buat kamu yang penasaran, Daily Wuz kasih content warningnya ya. Jika salah satu elemen ceritanya kamu nggak suka atau nggak kuat, jauh-jauh dari Sadie.

Content warning: pedophilia, murder, drug abuse, sexual abuse.

Setuju nggak sih, kalo 2 judul di atas pantas menyandang buku young adult terbaik 2018? Minat membacanya saat liburan? Jangan lupa siapin perlengkapan baca lainnya juga, ya! Kursi pewe dan snack!

Leave a Reply