Perbedaan Durasi 7 Menit Avengers: Infinity War di Indonesia, Legit or Hoax?

Hanya kurang dari 2 minggu kita sudah bisa menonton film paling ditunggu-tunggu tahun 2018 ini, film mana lagi kalau bukan Avengers: Infinity War. Bukannya menunggu hari rilis dengan tenang, penggemar film layar lebar Marvel dibuat gelisah oleh pemberitaan bahwa sekuel seri Avengers ke empat ini akan dipotong 7 menit dari durasi aslinya. Karena telah dinanti-nanti sejak lama, warganet pun mengekspresikan kekecewaannya melalui berbagai cara di platform media sosial. Jika kamu ketinggalan dengan perkembangan topik ini, nih Daily Wuz ajak kamu mulai dari awal.

Pemberitaan Kompas

Durasi Avengers: Infinity War dicantumkan oleh IMDB dan beberapa situs luar negeri lainnya sepanjang 156 menit. Namun, dalam situs resmi LSF, durasi yang dicantumkan hanyalah 149 menit. Perbedaan 7 menit ini pun menimbulkan pertanyaan. Apakah 7 menit yang hilang itu akibat adanya adegan film yang dipotong oleh Lembaga Sensor Film (LSF)?

Keterangan Lulus Sensor Avengers Infinity Wars

Keterangan Lulus Sensor Avengers: Infinity Wars. Sumber: lsf.go.id

Dua hari lalu, tepatnya tanggal 14 April 2018, Kompas mempublikasikan artikel secara online tentang penjelasan LSF mengenai durasi Infinity War yang dipotong 7 menit. Dalam artikel tersebut, Kompas mencantumkan pernyataan Ketua LSF Ahmad Yani Basuki sebagai penjelasan.

Yani menjelaskan bahwa memang penyensoran terjadi jika konten film tidak sesuai dengan klasifikasi usia film tersebut. Oleh karena itu, Avengers: Infinity War yang mempunyai klasifikasi usia atau rating 13+ akan disensor jika LSF merasa bahwa ada yang tidak sesuai dengan rating tersebut.

Yani kemudian mengaku tidak tahu persis bagian film mana yang “kena potong”, namun ia membenarkan bahwa ia sudah menandatangani keterangan lulus sensor Infinity War.

Sutradara Avengers: Infinity War Kaget

Satu dari dua sutradara Infinity War, Joe Russo, mengaku kaget bahwa film garapannya dipotong di Indonesia. Menurutnya, Infinity War yang sudah memiliki rating PG-13 yang tidak memiliki konten radikal, sehingga ia tidak menyangka bahwa ada negara yang akan membuang beberapa bagian filmnya.

Konfirmasi LSF

Karena banyaknya protes dan rekasi negatif warganet mengenai pemberitaan ini, akhirnya pihak LSF pun angkat bicara melalui akun Twitternya. Menurut Surat Tanda Lulus Sensornya (STLS), Avengers: Infinity War bisa dipastikan telah lulus sensor untuk klasifikasi usia 13 tahun tanpa ada pemotongan adegan sama sekali. Lah? Jadi, beda 7 menit itu kemana ya?

Ternyata, perbedaan 7 menit itu memang kesalahan cantuman durasi dari situs untuk referensi film di luar negeri seperti AMC, Fandango, IMDb, Rotten Tomatoes, dsb.

Namun, konfirmasi oleh LSF melalui Twitter ini pun masih belum memuaskan warganet. Salah satu pengguna Twitter menunjuk keaslian akun Twitter @lembaga_sensor yang dijadikan sebagai rujukan klarifikasi masalah perbedaan durasi 7 menit ini. Bisa kamu cek bahwa akun tersebut memang baru dibuat dengan keterangan yang terdapat dibawah foto profil “Joined April 2018”. Akun tersebut juga hanya mempunyai 12 Tweet dan 102 pengikut tanpa badge centang biru Twitter yang mengindikasikan bahwa akun tersebut memang resmi.

Keraguan keaslian akun LSF ini kemudian ditampik oleh akun Twitter resmi Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, @pusbangfilm. Akun tersebut membenarkan bahwa akun Twitter @lembaga_sensor memang akun resmi LSF, sehingga keterangannya mengenai 7 menit Infinity War yang hilang bisa dipastikan kebenarannya. Wow banget ya, demi meluruskan durasi hilang satu film saja akhirnya Lembaga Sensor Film Indonesia mau membuat akun media sosial..

Warganet Ngambek

Tak sedikit “penggemar” yang “mengancam” untuk tidak menonton Avengers: Infinity War di bioskop karena perbedaan 7 menit ini. Mereka memilih untuk mengunduhnya secara ilegal saja. Menurut Daily Wuz sendiri sih, penggemar yang asli tak mungkin puas nonton film yang sudah ditunggu-tunggu sampai bertahun-tahun dengan kualitas buram CAMRip. Apalagi nunggu versi beningnya keluar, harus nunggu rilis DVD dan BluRaynya hingga 3 sampai 5 bulan kemudian. Mana kuat ya tahan spoiler…

Leave a Reply