5 Tips Belanja Agar Terhindar Dari “Khilaf”

Tips belanja murah saat dompet lagi tebal-tebalnya tentu sangat dibutuhkan. Pasalnya, setiap kali belanja anggaran yang dihabiskan jumlahnya tidaklah sedikit. Tak jarang justru melebihi anggaran hanya karena kamu khilaf dan lapar mata. Sebagai konsekuensi, kondisi keuangan jadi kacau dan kembali akrab dengan mie instan di akhir bulan. Biar dompet tidak mudah kebobolan, inilah tips belanja murah yang bisa kamu terapkan!

Buat Daftar Belanja

Source: www.girlsgonestrong.com

Source: www.girlsgonestrong.com

Jangan malas untuk membuat daftar belanjaan, ya! Catat barang-barang yang memang harus dibeli agar tidak ada yang terlewatkan. Selain itu, daftar belanja ini juga menghindari khilaf akibat lapar mata. Malas membawa kertas catatan? Kamu bisa memanfaatkan fitur note pada smartphone untuk membuat daftar belanja.

Be Smart Buyer

Source: www.huffpost.com

Source: www.huffpost.com

Menjadi pembeli yang cerdas berarti kamu juga harus cermat ketika berbelanja. Jangan asal mengambil barang yang mudah terlihat dan kelihatan paling murah. Pastikan kalian sudah membaca keterangan produk, membandingkan berat isi, serta kualitas setiap merk dagang. Jadi, jangan asal ambil deh!

Memilih Produk Private Label

Source: www.indomaret.co.id

Source: www.indomaret.co.id

Belakangan banyak dijumpai produk-produk private label atau produk yang dijual sama dengan merk dagang sama dengan nama toko tersebut. Produk tersebut biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan merk konvensional lainnya. Selama kualitas tetap sama atau tidak jauh berbeda, kamu bisa membeli produk dengan merk toko tersebut. Lumayan, loh bisa kamu bisa menghemat hingga 20%.

Beli Produk Kemasan Isi Ulang

Source: www.abc.net.au

Source: www.abc.net.au

Tips belanja murah selanjutnya bisa dilakukan dengan membeli produk kemasan isi ulang atau sachet karena harganya yang jauh lebih murah. Sebaiknya, jangan tergiur dengan kemasan produk yang cantik. Manfaatkan saja botol plastik bekas yang ada untuk dijadikan wadah produk tersebut. Jangan lupa ditutup rapat agar tidak mudah tumpah, ya!

Selektif Memilih Tempat Belanja

Source: www.pinterest.com

Source: www.pinterest.com

Semakin banyak jumlah supermarket di sekitarmu membuat kamu harus betul-betul selektif memilih tempat belanja mana yang menawarkan harga terbaik. Jangan ragu untuk berbelanja di tempat-tempat terpisah, mengingat penawaran harga untuk setiap produk di masing-masing supermarket berbeda.

 

Belanja murah itu mudah, bukan? Selamat mencoba ya!

Comments

comments

Sonia Anggraini
sonia@picodio.com